Indikator
  • Undercontruction

Asam Amino

Home / Glutera News / Asam Amino
Asam Amino ILUSTRASI: Asam Amino (Desaign: glutera news)

SERANGTIMES, JAKARTA – Tubuh kita memerlukan asam amino untuk dapat bertahan hidup, salah satu jenis yang dibutuhkan tubuh adalah asam amino esensial. Namun, ternyata kita memerlukan pangan yang mengandung asam amino esensial untuk memenuhinya.

Asam amino sendiri sebenarnya adalah senyawa organik yang bergabung menjadi protein. Ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein, protein di dalam makanan tersebut akan mengalami proses penguraian. Hasil penguraian ini kemudian akan menghasilkan asam amino yang akan ditinggalkan di dalam tubuh, dan digunakan untuk beragam fungsi.

Apakah Asam Amino Esensial?
Terdapat beberapa jenis asam amino yaitu asam amino kondisional, asam amino non esensial, dan asam amino esensial. Asam amino esensial adalah jenis yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, namun tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Sehingga memerlukan makanan yang mengandung asam amino esensial untuk memenuhi kebutuhannya. Adapun yang termasuk ke dalam asam amino esensial antara lain adalah valin, histidin, triptofan, isoleusin, lisin, leusin, metionin, treonin, dan fenilalanin.

Fungsi Asam Amino
Sudah mulai paham apa yang dimaksud dengan asam amino esensial? Setelah melalui proses penguraian dan pencernaan, asam amino yang ditinggalkan di dalam tubuh memberikan beragam manfaat penting bagi tubuh. Mulai dari memperbaiki jaringan tubuh, membantu pertumbuhan normal, menguraikan makanan, dan sebagai sumber energi tubuh. Karena dapat memberikan sumber energi bagi tubuh, kekurangan asam amino esensial dianggap sebagai malnutrisi protein energi.

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com